Hambatan dan Strategi Guru Pratama Widya Pasraman Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19

Ni Gusti Ayu Made Yeni Lestari(1), Fasli Jalal(2), Asep Supena(3),
(1) , Indonesia
(2) Universitas Yarsi, Indonesia
(3) Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak: Situasi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, termasuk Bali membawa dampak perubahan pada ranah sistem pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hambatan dan strategi yang diterapkan oleh guru Pratama Widya Pasraman (PWP) dalam pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket yang disajikan dalam format google form dan diperkaya melalui wawancara mendalam. Data dianalisis dan disajikan secara deksriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan atau kendala yang dialami guru PWP selama kebijakan belajar dari rumah meliputi: 1) interaksi pembelajaran yang kurang maksimal karena kondisi anak, 2) jaringan atau ketersediaan akses internet, 3) keterbatasan kuota internet, 4) pelibatan orang tua dalam pembelajaran. Adapun strategi yang diterapkan oleh guru selama pembelajaran di masa pandemi covid-19 diantaranya adalah: 1) mode pengelolaan pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi wilayah dan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah, 2) perencanaan pembelajaran yang memperhatikan kebutuhan dan kondisi anak, 3) penggunaan metode dan media yang bervariasi, 4) penggunaan penilaian kinerja terutama pengamatan terhadap hasil karya anak, dan 5) pelibatan orang tua secara maksimal dalam kegiatan pembelajaran. Hambatan yang dialami oleh masing-masing guru berbeda antara satu dengan lainnya sehingga strategi yang diterapkan juga berbeda. Disarankan agar guru selalu berinovasi dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak usia dini.

Kata Kunci: pembelajaran dimasa pandemi covid-19, hambatan guru, strategi guru anak usia dini


Keywords


pembelajaran dimasa pandemi covid-19, hambatan guru, strategi guru anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Agudo, J. E., Rico, M., & Sánchez, H. (2015). Multimedia games for fun and learning English in preschool. Digital Education Review, 27, 183–204. https://doi.org/10.1344/der.2015.27.183-205

Agustin, M., Puspita, R. D., & Nafiqoh, H. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598

Alsarayreh, R. (2020). Using blended learning during COVID-19: The perceptions of school teachers in Jordan. Cypriot Journal of Educational Sciences, 15(6), 1544–1556. https://doi.org/10.18844/CJES.V15I6.5298

Aryanta, I. K. A. (2022). Buntut Lonjakan Kasus Covid-19, Mulai Besok Sekolah di Badung Kembali Terapkan Pembelajaran Daring. Tribun-Bali.Com. https://bali.tribunnews.com/2022/02/03/buntut-lonjakan-kasus-covid-19-mulai-besok-sekolah-di-badung-kembali-terapkan-pembelajaran-daring

Babakr, Z. H., Mohamedamin, P., & Kakamad, K. (2019). Piaget’s Cognitive Developmental Theory: Critical Review. Education Quarterly Reviews, 2(3), 517–524. https://doi.org/10.31014/aior.1993.02.03.84

Bestari, N. P. (2022). Ini Kabar Terbaru Kasus Omicron DKI, Jabar & Bali. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220216143500-37-315859/ini-kabar-terbaru-kasus-omicron-dki-jabar-bali

Cheung, C. S. S., & Pomerantz, E. M. (2015). Value development underlies the benefits of parents’ involvement in children’s learning: A longitudinal investigation in the United States and China. Journal of Educational Psychology, 107(1), 309–320. https://doi.org/10.1037/a0037458

Clouse, J. A., & Utgoff, P. E. (1992). A Teaching Method For Reinforcement Learning. Machine Learning Proceedings 1992. https://web.cs.umass.edu/publication/docs/1992/UM-CS-1992-007.pdf

Hariri, H., Karwan, D. H., Haenilah, E. Y., Rini, R., & Suparman, U. (2020). Motivation and learning strategies: Student motivation affects student learning strategies. European Journal of Educational Research, 10(1), 39–49. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.39

Kemdikbud. (2020). SE Mendikbud: Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covid-19. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19

Kumar, T., Malabar, S., Benyo, A., & Amal, B. K. (2021). Analyzing multimedia tools and language teaching. Linguistics and Culture Review, 5(April), 331–341. https://doi.org/10.37028/lingcure.v5nS1.1400

Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning ((2nd ed.)). Cambridge University Press.

Mayer, R. E. (2017). Using multimedia for e-learning. Journal of Computer Assisted Learning, 33(5), 403–423. https://doi.org/10.1111/jcal.12197

Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 177. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529

Nicholson, J. M., Cann, W., Matthews, J., Berthelsen, D., Ukoumunne, O. C., Trajanovska, M., Bennetts, S. K., Hillgrove, T., Hamilton, V., Westrupp, E., & Hackworth, N. J. (2016). Enhancing the early home learning environment through a brief group parenting intervention: Study protocol for a cluster randomised controlled trial. BMC Pediatrics, 16(1). https://doi.org/10.1186/s12887-016-0610-1

Nurani, R. Z., & Mahendra, H. H. (2019). Use of Big Book Learning Media to Improve Students’ Beginning Reading Skills in Primary Schools. Mimbar Sekolah Dasar, 6(3), 330–340. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i3.22893

Primanisa, R., & Jf, N. Z. (2020). Tindak Lanjut Hasil Asesmen Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak (TK). (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.15575/japra.v3i1.8100

Primasari, H. P. (2020). Tantangan dalam Pembelajaran PAUD pada Masa Pandemi. http://news.koranbernas.id/berita/detail/tantangan-dalam-pembelajaran-paud-pada-masa-pandemi

Radarcirebon.com. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Terkendala Akses Internet. https://www.radarcirebon.com/2020/05/14/pembelajaran-jarak-jauh-terkendala-akses-internet/

Tavoosy, Y., & Jelveh, R. (2019). Language Teaching Strategies and Techniques Used to Support Students Learning in a Language Other Than Their Mother Tongue. Internasional Jornal of Learning and Teaching, 11(2), 77–88.

Viana, J., & Peralta, H. (2021). Online Learning: From the Curriculum for All to the Curriculum for Each Individual. Journal of New Approaches in Educational Research, 10(1), 122–136. https://doi.org/10.7821/NAER.2021.1.




DOI: https://doi.org/10.33369/jip.7.2.108-118

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ni Gusti Ayu Made Yeni Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Potensia
Dekanat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu
Jl. WR. Supratman, Kandang Limun Bengkulu
Email : potensia.fkip@unib.ac.id 

P-ISSN 2527-9270
E-ISSN 2621-2382


Abstracted / Indexed by :

     


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.